Home » » tehnik pencahayaan lampu untuk aquacape

tehnik pencahayaan lampu untuk aquacape

Cahaya Lampu untuk Aquascape

bagi tanaman akuarium untuk hidup dan dibutuhkan untuk metabolisme atau fotosintesis (guru SD bilang memasak di daun). Pencahayaan akuarium yang kuat akan membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat.  jika lampu akuarium tidak cukup kuat, sementara  CO2 berjumlah besar maka berakibat CO2 dalam akuarium akan berlebihan, tanaman akuarium tidak dapat sempurna. cahaya merupakan suatu keharusan bagi tanaman agar sehat. Sinar matahari alami ,  sejumlah gelombang cahaya yang memiliki panjang gelombang yang berbeda.






Paparan sinar matahari yang lama juga akan memanasi air. Karena itu Cahaya buatan  lebih dianjurkan untuk tanaman yang tumbuh di akuarium. lampu neon spektrum yang luas sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman. Akuarium biasanya membutuhkan sekitar 1,5 watt cahaya per galon air dan durasi 8-12 jam cahaya per hari.  umlah cahaya yang diperlukan untuk akuarium tanaman (aquascape) juga tergantung spesies. Beberapa tanaman, seperti Anubias, Java Fern ,  Tanaman ini tentu saja  kurangg cocok untuk yang baru memulai hobi aquascape (kecuali sering mencari referensi. peace.


Sifat tanaman akuarium berkaitan dengan intensitas cahaya ada 2 macam ;

- Anubias, Microsorium, Bolbitis, dan Cryptocoryne.
- Rotala, Ludwigia Merah, Cabomba, dan beberapa jenis spesies Echinodorus.


Jika kita meletakkan tanaman akuarium harus mempertimbangkan cahaya yang diperlukan, agar pertumbuhan tanaman air tidak terganggu.  Pertama, tanaman air yang membutuhkan intensitas cahaya tinggi seperti Rotala dan Cabomba akan tumbuh dengan baik. Sedangkan tanaman cahaya rendah seperti Cryptocoryne dan Microsorium akan stabil.

0 comments:

Post a Comment